5 Langkah untuk Kembali Miliki Kuku yang Sehat Setelah Pakai Kuku Akrilik
10 November 2020
Kuku akrilik saat ini menjadi pilihan banyak orang karena dapat bertahan lama, tetapi dengan biaya yang lebih murah dibandingkan cat kuku gel. Namun, terlalu sering memakai kuku jenis ini, sebenarnya bisa merusak kesehatan kuku Anda yang berharga.

Kuku akrilik saat ini menjadi pilihan banyak orang karena dapat bertahan lama, tetapi dengan biaya yang lebih murah dibandingkan cat kuku gel. Namun, terlalu sering memakai kuku jenis ini, sebenarnya bisa merusak kesehatan kuku Anda yang berharga.

Meskipun Anda tidak dipastikan akan melihat kerusakan setelah memakai kuku akrilik—karena ada banyak faktor berbeda yang berperan, tetapi itu bisa terjadi. "Kondisi alami kuku setelah pencabutan kuku akrilik sangat bervariasi tergantung pada tingkat keahlian teknisi yang mengaplikasikannya, serta kualitas produk yang digunakan," kata Fleury Rose, penata gaya selebriti.

Menurutnya, kerusakan kuku yang umum terjadi adalah bantalan kuku menipis karena penerapan kuku yang berlebihan dan kekeringan. Dalam kasus yang lebih buruk, Anda melihat 'cincin api' yang disebabkan oleh pengaplikasian yang tidak tepat dan bahkan jamur kuku. “Lapisan kuku yang menipis juga cenderung menyebabkan kuku menjadi lemah dan mudah mengelupas,” jelasnya.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kuku Anda yang sehat? Coba lakukan 5 langkah di bawah ini, seperti yang dilansir dari InStyle.

Jaga kuku tetap pendek. "Jika Anda telah melepaskan kuku akrilik dan ingin beralih kembali ke penggunaan kuku alami, saya pasti akan merekomendasikan untuk menjaga kuku tetap pendek sampai kuku asli Anda yang sehat tumbuh,” saran Fleury. Dengan begitu, kemungkinan kuku alami Anda patah bisa dihindari.

Beralih ke kuku biasa. "Jika Anda benar-benar tidak bisa tidak memakai cat kuku, saya merekomendasikan memakai cat kuku bening agar Anda tetap bisa mengamati pertumbuhan kuku," kata Amy Ling Lin, pemilik sebuah salon kuku.

Tetap lembab. Fleury dan Ami merekomendasikan penggunaan minyak kutikula dan losion tangan secara teratur untuk menghilangkan efek pengeringan karena penggunaan aseton yang terlalu banyak.

Makan nutrisi yang tepat. "Saya menyarankan untuk menambahkan biotin, makanan kaya omega-3, ke dalam makanan harian yang dapat memperkuat kuku Anda,”kata Amy. Anda dapat menemukan nutrisi tersebut dalam telur, kacang tanah, almond, kenari, alpukat, atau ubi.

Sabar menunggu. Untuk kembali memiliki kuku yang sehat pasti memakan waktu karena kuku Anda yang rusak perlu ditumbuhkan sepenuhnya agar bisa diganti dengan kuku yang sehat. Sementara Anda sabar menunggu, terus lakukan langkah-langkah di atas dan jangan gunakan kuku akrilik untuk sementara waktu.

Cover: WikiHow

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail