5 Langkah Perawatan Wajah yang Bikin Wajah Bebas Maskne dan Glowing
28 September 2021
Ternyata ini skincare yang bisa mengurangi jerawat akibat sering memakai masker saat keluar rumah.

Memakai masker selama masa pandemi ternyata berpengaruh terhadap kulit wajah banyak orang, termasuk saya. Bagian wajah yang sering tertutup masker, terutama pipi, dagu, dan atas bibir jadi sering ditumbuhi jerawat. Hal ini terjadi karena masker menyebabkan skin barrier menjadi terganggu karena gesekan, lembap akibat keringat, dan radang karena munculnya bakteri. Masalah maskne ini sulit diatasi jika Anda tidak melakukan langkah perawatan yang tepat.

Atas saran seorang teman, saya pun mencoba SKIN1004, merek perawatan kulit Korea yang menyediakan produk berkualitas tinggi yang terbuat dari bahan alami dari Madagaskar. Saya mencoba rangkaian SKIN1004 Centella Line yang mengandung Centella Asiatica, bahan alami yang bersifat anti oksidan, anti inflamasi, dan memperlambat penuaan.

Selama 14 hari, inilah ritual yang saya lakukan sehingga kulit wajah jadi lebih glowing dan jerawat akibat maskne pun berkurang!

1. Melakukan double cleansing

Dalam situasi normal, kita wajib membersihkan wajah usai bepergian atau beraktivitas. Agar proses pembersihan wajah lebih maksimal, Anda disarankan melakukan double cleansing. Langkah pertama, saya menggunakan SKIN1004 Madagascar Centella Light Cleansing Oil yang memiliki tekstur yang sangat ringan. Aromanya cukup wangi tetapi tidak mencolok. Cukup aplikasikan beberapa tetes cleansing oil ini di wajah, lalu gosok secara perlahan. Setelah itu diemulsi dengan menambahkan air secara bertahap untuk menghilangkan sisa kotoran. Saya lalu memijat wajah sampai muncul cairan putih seperti susu dan dibilas dengan air hangat. Walaupun cleansing oil ini bertekstur ringan, tetapi juga ampuh untuk membersihkan makeup yang tebal, lho.

Setelah itu, saya melanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan Madagascar Centella Ampoule Foam untuk membersihkan sisa residu dan riasan yang masih tersisa. Saya menggunakan Ampoule Foam secukupnya, lalu memijat lembut seluruh wajah dan membilasnya sampai bersih dengan air hangat. Perbedaan nyata setelah membersihkan wajah dengan Ampoule Foam ini, wajah terasa lebih bersih, lembut, dan tidak kering. Karena Ampoule Foam ini memiliki pH yang rendah, jadi aman untuk jenis kulit apa pun dan ampuh membersihkan residu yang tersisa.

2. Memakai toner

Memakai toner adalah tahapan yang cukup penting untuk mengangkat sisa-sisa kotoran dan sel kulit mati dan mengembalikan tingkat pH kulit. Setelah wajah bersih, saya memakai Madagascar Centella Toning Toner yang mengandung ekstrak Centella Asiatica, PHA (gluconolactone), dan asam hialuronat. Kandungan PHA di dalamnya akan mengaktifkan siklus pergantian kulit dan membantu membentuk tekstur kulit yang sehat. Selain itu, Toning Toner ini juga mengandung zat aktif yang dapat mencerahkan wajah dan memperlambat munculnya kerutan pada wajah. Buat pemilik kulit sensitif pun tak perlu khawatir karena Toning Toner ini juga aman untuk Anda. 

Saya memakai toner ini setiap 2-3 hari sekali dengan cara menaruh toner pada kapas, lalu ditepuk-tepuk ke wajah dengan lembut. Agar lebih maksimal, diamkan kapas pada wajah selama 5 menit sebagai Centella Pad sehingga akan membantu menenangkan kulit dengan cepat.

3. Memakai ampoule

Selanjutnya saya memakai Madagascar Centella Ampoule yang mengandung 100% ekstrak Centella Asiatica dari alam Madagaskar. Ampoule ini berfungsi untuk menenangkan dan menjaga kesehatan kulit, termasuk menenangkan kulit sensitif dan mengembalikan kilau kulit yang rusak akibat kondisi eksternal. Cukup beberapa tetes, saya mengoleskan Ampoule ini pada wajah. Teksturnya yang ringan seperti air membuat Ampoule ini sangat cepat meresap. Jika wajah Anda berjerawat, tak perlu khawatir karena Ampoule ini cocok untuk jenis kulit apa pun, termasuk bagus untuk kulit berjerawat.

4. Memakai pelembap

Terakhir, saya menggunakan Madagascar Centella Cream yang berfungsi untuk menenangkan, melembapkan, dan menutrisi kulit yang rusak. Cream ini mengandung ekstrak Centella Asiatica, squalene, niacinamide, dan adenosine. Bahan-bahan ini akan membantu membentuk pelindung kulit, membantu mencerahkan wajah, dan memperlambat munculnya kerutan. Yang saya suka dari Cream ini adalah teksturnya yang ringan dan tidak lengket, sehingga saat diaplikasikan di wajah sangat mudah meresap dan tidak membuat wajah jadi berminyak. Oleh karena itu Cream ini sangat pas dipakai di iklim tropis seperti Indonesia. Wanginya pun lembut dan menenangkan.

***

Sebelum memakai rangkaian SKIN1004 Centella Line, kulit wajah saya sedikit beruntusan, terdapat beberapa jerawat di atas dan bawah bibir, serta noda hitam bekas jerawat. Namun, setelah saya melakukan rutinitas ini selama 14 hari, manfaatnya langsung saya rasakan. Jerawat dan beruntusan akibat maskne di sekitar bibir dan dagu mulai hilang, begitu pula noda hitam bekas jerawat. Area yang sering tertutup masker menjadi lebih bersih dan tak berjerawat setelah rutin memakai rangkaian SKIN1004 Centella Line. Secara keseluruhan saya merasa wajah terasa lebih segar, kenyal, dan glowing!

Sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) memakai SKIN1004 Centella Line

Foto: Dok. Womantalk

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail