Untuk mengakses womantalk lebih nyaman unduh appsnya!

5 Kesalahan Umum Saat Pakai Pelembap

2016-12-01 08:00:04.013141

¯¯¯¯¯

Apapun merek dan berapapun harga pelembap yang Anda pakai, kalau Anda masih melakukan kelima hal ini, jangan berharap hasilnya akan optimal.

Mengoleskan pelembap di kulit yang sudah kering
Menurut Dr. Mona Gohara, dermatolog dari Yale School of Medicine, kulit yang masih lembap sesaat setelah handukan adalah saat terbaik untuk mengoleskan lotion atau pelembap apapun juga. Sebab pelembap yang Anda oleskan ini akan mengunci kelembapan yang tersisa di kulit setelah mandi dan dengan demikian mencegah kulit kering nantinya.

Kurang mempersiapkan kulit
Sel-sel kulit mati menghambat penyerapan pelembap. Oleh karena itu, menurut Dr. Gohara, buang sel-sel kulit teratas yang mati agar kerja pelembap maksimal, misalnya dengan diusap lembut dengan waslap. Bagian yang paling perlu diperhatikan antara lain adalah area bawah leher, siku, lutut, dan kaki karena semua area itu kelenjar minyaknya sedikit atau cenderung menebal karena gesekan.

Tidak menggunakan pelembap karena kulit berjerawat
Menurut Dr. Gohara, menjaga kelembapan pada kulit berjerawat atau mudah berjerawat justru penting, karena kebanyakan perawatan terhadap jerawat sifatnya mengeringkan dan bahan-bahan aktif dalam perawatan itu tak bisa bekerja pada kulit kering. Saran Dr. Gohara, kalau Anda takut pelembap memicu timbulnya jerawat baru, coba gunakan hydrating serum yang berkonsentrasi tinggi tapi ringan di kulit.

Memakai pelembap yang sama untuk pagi dan malam
Kecuali jika Anda menggunakan sunscreen terpisah, pelembap pagi hari wajib mengandung SPF. Dermatolog Dr. Debra Jaliman dalam bukunya Skin Rules menuliskan, supaya praktis, pilih tinted moisturiser dengan SPF.

Tidak memakai pelembap khusus mata
Krim malam yang biasa Anda gunakan bisa dioleskan untuk area mata? Salah besar, kata Dr. Jaliman. Ia menekankan, kulit di area mata sangat sensitif dan butuh produk yang memang diformulasikan secara khusus untuk area tersebut dan bebas pewangi karena dapat menimbulkan iritasi bahkan menimbulkan bengkak. 

 

  •   0
  •   2
Lihat Komentar Lainnya

Untuk dapat Ikut Berkomentar, silahkan download