5 Cara Agar Wajah Bening Dan Glowing Natural Tanpa Harus Dandan Menurut Pakar Kecantikan
09 July 2020
Ini 5 tips dari dokter kecantikan agar wajah bening dan glowing natural tanpa harus dandan

Setiap warna dan jenis kulit memiliki kebutuhannya masing-masing. Meski demikian, semuanya memiliki kebutuhan dasar yang sama agar tampak glowing natural tanpa makeup sekalipun. Menurut pakar kecantikan dr. Elia Gunawan dalam webinar #cantikversikamu yang diselenggarakan oleh Ella Skincare pada Rabu (7/7/2020), ada beberapa perawatan di rumah yang bisa kita lakukan agar kulit glowing natural setiap hari . Simpel, mudah, dan murah, salah satu tips dari pendiri serta CEO Ella Skin Care itu termasuk minum air putih dan makan sayur lho. Yuk, simak 5 cara alami merawat wajah agar lebih fresh dan glowing natural tanpa facial klinik kecantikan!

1. Eksfoliasi
Eksfoliasi adalah membuang sel kulit mati yang bertujuan agar wajah tampak glowing dan fresh. Menurut dr. Elia, sel-sel kulit mati tak bisa menyimpan air, sehingga membuat kulit lebih kering dan kusam. Nah, untuk melakukan eksfoliasi ini ada empat cara, yakni dengan scrub atau lulur wajah, memakai exfoliating toner yang mengandung AHA (untuk kulit normal cenderung kering) atau BHA (untuk kulit normal cenderung berminyak), serta memanfaatkan skincare yang mengandung retinol, yang juga bermanfaat merangsang pembentukan kolagen pada kulit.

2. Memberikan hidrasi
Kulit kering tak bisa memancarkan cahaya alami dengan baik. Selain memakai pelembap wajah tak lebih dari 5 menit setelah mencuci muka, kita perlu memberi hidrasi kulit dengan minum air 8-12 gelas sehari. "Bisa pakai facemist juga, tapi pilih facemist yang kandungan bahan aktif paling sedikit untuk menghindari reaksi alergi, karena kita bisa semprot berkali-kali," katanya berbagi tips.

3. Tidur teratur
Work from home membuat jam kerja banyak orang jadi tidak teratur. Akibatnya jam tidur di malam hari pun semakin tidak teratur. "Paling lambat tidur malam jam 11 malam selama 7 jam. Karena jam 12- 3 pagi itu tubuh kita mengeluarkan hormon melatonin yang  meregenerasi sel di tubuh termasuk sel kulit," jelas dr. Elia lagi. Lebih lanjut, disebutkannya bahwa sel kulit yang baru akan membuat kulit jadi lebih bening dan glowing natural tanpa harus dandan.

4. Banyak makan sayur dan buah
Menjaga kecantikan tak cukup hanya dari luar saja, tetapi juga dari dalam. Caranya dengan makan makanan bergizi yang baik dan hindari diet tidak seimbang, misalnya tanpa karbohidrat, lemak dan protein. Menurutnya, ketiga zat itu penting dalam mempertahankan kecantikan kulit selama dikonsumsi dari sumber yang baik, misalnya avokad dan dan olive oil, dan gandum utuh.

5. Pakai sunscreen
"Semua kegiatan yang bersifat panas, seperti memasak, menyetrika, mejemur baju di luar itu mempunyai efek seperti terpapar sinar matahari," jelas dr. Elia lagi. Ia juga mengatakan bahwa masa pandemi ini merupakan periode yang paling bagus untuk merawat kulit karena kita jarang keluar rumah dan membiarkan kulit beristirahat tanpa makeup.

Ella Skin Care merupakan klinik kecantikan dan produk skin care untuk perawatan wajah yang didirikan oleh dr. Elia Gunawan di kota Solo  pada tahun 2008. Saat ini Ella Skincare sudah memiliki cabang di berbagai kota di Pulau Jawa. Di antaranya adalah di kawasan Tebet dan Tangerang Selatan. Menurut dr. Elia, selain memberikan perawatan esensial kulit seperti eksfoliasi dan memakai sunscreen, kita tetap perlu makan makanan yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak yang baik ya. Yuk, pertahankan kebiasaan sehat ini agar kulit bening natural meski kita sedang tidak dandan.

Cover: Instagram/shandyaulia

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail