3 Trik Sederhana Untuk Membuat Kulit Wajah Cerah

1539493220399
  • share line
  • share bbm
3 Trik Sederhana Untuk Membuat Kulit Wajah Cerah

Memiliki kulit wajah cerah selalu menjadi impian para wanita. Untuk mendapatkan kulit cerah, menurut dr. Ika Anggraini. Sp.KK, kebersihan wajah perlu dijaga dengan rutin membersihkan setiap hari. Ketika umur di bawah 20 tahun, sel kulit baru muncul setiap 28 hari. Ketika usia melewati 20 tahun, perbaikan berjalan lebih lambat hingga 40 hari. "Sel kulit mati akan bertumpuk dan menyebabkan kulit terlihat kusam. Faktor penyebab lainnya adalah pengaruh sinar matahari atau ultra violet dan juga kelembaban kulit kurang," ungkap dr. Ika saat berbicara dalam talkshow Know Your Skin Better dari sebuah produk kecantikan. 

Menurut Allure, ada 3 trik sederhana untuk menjaga kebersihan kulit wajah.

1. Rajin melakukan eksfoliasi
Eksfoliasi akan mengangkat sel-sel mati dalam wajah. Yang harus diperhatikan dalam mencari produk pembersih yang sesuai dengan jenis kulit. Bagi pemilik kulit normal, ahli dermatologi Frederic Brandt, merekomendasikan untuk melakukan peeling seminggu sekali dengan produk yang mengandung glycolic acid karena penetrasi untuk meremajakan kulit cukup dalam.

Sumber: Allure

Bagi pemilik kulit kombinasi dan berminyak, proses eksfoliasi sebaiknya dilakukan dua kali. "Jenis kulit ini tidak akan terlalu sensitif saat mengaplikasikan double exfoliating karena kulit justru membutuhkan. Gunakan setiap hari pembersih yang diinfusikan dengan salicylic acid. Scrubs akan mengangkat sel mati dan salicylic acid akan membersihkan pori-pori," terang Frederic. Sedangkan untuk kulit sensitif, ahli kulit yang berpraktik di New York City dan Miami ini menyarankan untuk ekstra hati-hati saat melakukan eksfoliasi karena kulit sensitif terhadap iritasi yang bisa membuat kulit bertambah kering dan timbul noda hitam dan menggunakan peeling lactic acid (asam laktat) yang tidak menyerap terlalu dalam seminggu sekali. 


Baca juga: 

Ingin Kulit Wajah Cerah Berseri? Jangan Lewatkan 4 Tahapan Utama Ini!


2. Menggunakan pelembap dengan manfaat lebih
Setelah kulit bersih, kulit perlu dirawat agar kulit cerah dan bersinar. Dalam beraktivitas, kulit sebaiknya dijaga dari paparan sinar matahari yang jika terpapar lebih dari 9 jam akan memiliki efek negatif. Frederic menyarankan menggunakan pelembap yang mengandung ceramides. Selain melembapkan, juga akan memperkuat batas kelembapan alami kulit.

Sumber: Allure

3. Cerdas mengatur pola makan dan tidur
Terlalu banyak mengonsumsi kafein dan minuman beralkohol akan membuat kulit dehidrasi. Makanan manis juga secara perlahan akan memecah kolagen dan elastin juga membuat kulit kusam. Rajin makan sayuran dan banyak minum air putih akan membantu kadar pH tubuh dan kulit cerah. Selain itu, atur waktu tidur yang cukup. "Perbaikan sel terjadi pada malam hari saat tidur sehingga memiliki waktu istirahat yang cukup akan memiliki perbedaan yang besar."

Sumber: Allure

Kredit foto cover: Womenweekly.sg

Tag:
Wajah, Cerah, Glowing, Kulit, Wajah cerah
  • share line
  • share bbm
heart 1 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK