10 Kandungan Produk Skin Care Ini Bisa Menyebabkan Jerawat

1505602815731
Article by rara.putri | Contributor
  • Share
10 Kandungan Produk Skin Care Ini Bisa Menyebabkan Jerawat

Punya kulit rentan jerawat alias acne-prone memang sangat problematik. Salah produk sedikit, langsung, deh, bintik-bintik merah jahat itu bermunculan. Story of my life, really. Supaya mengurangi kemungkinan muncul jerawat baru gara-gara salah produk, ini beberapa kandungan yang umum terdapat dalam produk skincare yang dikenal menyebabkan jerawat menurut The Klog. Baca komposisinya, ya.

Isopropyl isostearate

Zat ini sebenarnya berguna melembutkan kulit, namun sebaiknya dihindari bagi orang dengan kulit rentan berjerawat karena bersifat comedogenic alias menyumbat pori-pori.

Produk non-comedogenic wajib hukumnya. (Sumber: pinterest)

Minyak alami seperti coconut oil dan olive oil

Minyak kelapa dan minyak zaitun memang menjadi salah satu bahan skincare DIY favorit banyak orang, namun tidak dianjurkan bagi yang acne-prone karena sifatnya menutup pori-pori. Jika ingin menggunakan minyak alami, tea tree oil dan rosehip seed oil lebih aman bagi orang acne-prone.

Sulfate seperti sodium lauryl sulfate dan ammonium lauryl sulfate

Sulfat adalah kandungan yang membuat sabun jadi banyak busanya. Sayangnya, ini membuat kulit jadi kering. Kulit yang terlalu kering adalah musuh besar orang gampang jerawatan, karena ketiadaan minyak membuat kulit memproduksi sebum lebih banyak dan potensi jerawat lebih besar.

 

Konon lembut bagi kulit, tapi mengandung SLS. (Sumber: musicalhouses)

-icone

Misalnya silicone, dimethicone, methicone, trimethicone, dan cyclomethicone. Keberadaan silikon dan kawan-kawannya membuat kulit terasa mulus, makanya bahan ini jadi salah satu bahan utama dalam makeup primer karena efeknya membuat kulit jadi seperti kanvas bagi makeup. Namun kandungan ini juga berisiko menyebabkan jerawat karena menutup pori-pori dengan baik—terlalu baik, malah.

Cover: thebeautyinsiders

 

  • Share
  • 0
  • Komentar ( 0 )