10 Fakta Penting Tentang Jerawat
Beauty

10 Fakta Penting Tentang Jerawat

Jerawat. Salah satu masalah yang sering mengganggu perempuan. Sebagian besar tentu berpikir jerawat timbul karena perubahan pola makan, krim wajah yang tidak cocok, atau akibat debu. Tapi apakah itu mitos atau fakta? Coba periksa kembali lewat fakta tentang jerawat berikut ini.

1. Jerawat di usia dewasa lebih banyak menyerang perempuan daripada laki-laki.

Jerawat di usia dewasa lebih sering menyerang perempuan dibanding laki-laki. Sekitar 12-22% perempuan menderita jerawat selama masa remaja, sedangkan laki-laki hanya 3% yang mengalaminya. Alasannya perempuan lebih sensitif terhadap perubahan hormonal daripada laki-laki.

2. Jerawat adalah genetik.

Faktor genetik memainkan peran utama sebagai penyebab jerawat. Beberapa penelitian menunjukkan hampir 80% orang yang jerawatan karena faktor genetik yang diwariskan.

3. Perubahan gaya hidup memengaruhi jerawat.

Ada beberapa bukti bahwa konsumsi produk susu dan makanan dengan Indeks Glisemik (GI) tinggi bisa memperburuk kondisi jerawat. Sebaiknya batasi konsumsi makan dengan GI tinggi dan jalani gaya hidup sehat.

4. Kulit berjerawat membutuhkan pelembap.

Lakukan perawatan kulit yang baik secara rutin dan selalu gunakan pelembap.

Artikel terkait:

5. Jangan memencet jerawat.

Meremas jerawat bisa menimbulkan bekas pigmentasi pada kulit. Anda bisa mengoles krim yang mengandung asam salisilat yang membantu mengeringkan jerawat serta mencegah peradangan.

6. Terpapar sinar matahari bisa menyebabkan jerawat.

Paparan sinar matahari bisa memperburuk kondisi jerawat, tapi itu tergantung pada setiap individu. Jika Anda sedang dalam masa pengobatan, gunakan topi sebelum melangkah keluar dari ruangan. Beberapa jenis obat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap efek berbahaya dari sinar matahari.

7. Makeup dengan kandungan mineral oil bisa memperburuk jerawat.

Orang yang rentan terhadap jerawat harus mencari produk yang bebas minyak.

8. Sering mencuci muka tidak membersihkan noda jerawat.

Membersihkan wajah atau perawatan seperti facial tidak mengurangi masalah jerawat. Pada akhirnya, hal ini malah mengganggu dan mengeringkan kulit Anda yang mengarah pada pengeluaran minyak berlebih.

9. Kelebihan minyak pada wajah menyebabkan timbulnya jerawat.

Kelebihan minyak pada wajah kemudian menyatu dengan sel kulit mati akan menghalangi pori-pori dan kantung rambut. Hal ini menyebabkan bakteri mulai berkembang biak dan tumbuh pada kantung rambut yang mengarah pada perkembangan jerawat.

10. Faktor lingkungan bisa memperburuk jerawat.

Keturunan, hormon, dan faktor lingkungan bisa menentukan seberapa buruk jerawat yang keluar. Faktor-faktor seperti stres, diet, olahraga, dan perawatan kulit berperan menyebabkan jerawat. Misalnya penggunaan sarung bantal atau matras yoga yang penuh kotoran, bakteri, dan minyak.

 

  • 0
  • Komentar ( 17 )